Sabtu, 08 Juni 2013

Rompi Pendeteksi Serangan Jantung 12 Jam Sebelumnya

Ipotnews – Saat ini peralatan tercanggih untuk menangani serangan jantung pada pasien adalah teknologi elektrokardiograf (EKG). Namun, alat konvensional itu akan tersingkir dengan teknologi yang lebih modern, yakni sebuah rompi. Bukan sekadar pelindung dada, rompi canggih ini mampu mendeteksi konsekuensi serangan jantung 12 jam sebelumnya.

Rompi hasil ciptaan para ahli ini bernama Heartscape. Di dalam rompi ada 80 sensor yang akan melekat kuat pada bagian dada dan punggung  si pasien. Pada bagian tertentu muncul gambar organ tubuh secara tiga dimensi yang fungsinya memberikan informasi detil kepada dokter tentang kondisi pasien.

Heartscape diklaim sebagai alat pendeteksi serangan jantung lebih dini yang akurat dibandingkan EKG. Sebab, EKG yang telah ada sejak 60 tahun lalu, mempunyai sistem penanganan lemah. Misalnya, hanya untuk mendapatkan hasil tes darah, pasien tidak memperoleh penanganan selama 12 jam hingga akhirnya selama itu terjadi kerusakan jantung.

“Apabila Heartscape terbukti berhasil, maka alat ini dapat memiliki dampak positif yang besar bagi pasien, terutama untuk mendiagnosa atau mendeteksi penyakit jantung koroner dengan cepat," ungkap direktur manajer produsen rompi Heartscape, Verathon Medical UK Ltd, Paul Knee, seperti dilansir situs Dailymail  Senin (27/2).

Penggunaan Heartscape hingga saat ini masih terbatas. Bradford Royal Infirmary adalah rumah sakit pertama yang memperkenalkan alat itu. Lantaran, catatan sebelumnya, Bradford Royal Infirmary menangani 300 pasien jantung parah dan 1.200 pasien penyankit jantung skala ringan.

Bradford Royal Infirmary mengaku bukan rumah sakit yang menampung lahan uji coba produk Heartscape. Justru, pihak rumah sakit-lah yang bersaing untuk mendapatkan rompi itu karena telah melihat hasil uji coba di Amerika Serikat.  Tim peninjaun dari Bradford Royal Infirmary tertarik dengan kemampuan diagnose Heartscape yang sangat cepat.

“Heartscape ini tak hanya akan memungkinkan pasien serangan jantung mendapat pengobatan lebih cepat, tapi juga mendeteksi tanda-tanda penyakit jantung. Mesin konvensional saat ini tak cukup sensitif untuk mendiagnosis penyakit jantung,” papar dokter konsultan di Bradford Royal Infirmary,  James Dunbar.

Di Amerika, Heartscape tersedia bagi pasien yang berisiko penyakit jantung mulai Maret 2012 mendatang. Sementara uji coba Heartscape di Inggris baru akan ditargetkan tahun depan. (Vina)

0 komentar:


Designed by Animart Powered by Blogger